| by admin | No comments

Apa yang Harus Dipersiapkan untuk Bisnis Rumah Kontrakan Bagi Pemula?

Bagi sebagian orang, bekerja sebagai karyawan di kantor dengan penghasil tetap setiap bulannya merupakan tindakan yang sangat aman. Di dalam kondisi apapun, anda akan tetap bisa memiliki pemasukan. Namun, mungkin sering kali keluar di benak anda untuk mencari kerja sampingan yang dapat menambah pemasukan.

Beragam faktor mulai bermunculan mengenai apa yang mendasari karyawan perkantoran untuk memiliki kerja sampingan, bisa itu sebagai penambah penghasilan karena gaji yang masih sebatas UMP, ditabung, dijadikan investasi, ataupun dikarenakan sudah mulai suntuk dengan rutinitas yang itu-itu saja.

Memang tidak ada salahnya dengan menjadi karyawan dan melakukan bisnis sampingan di waktu yang bersamaan, namun akan jauh lebih baik bila bisnis yang anda lakukan itu tidak terlalu mengganggu rutinitas atau kewajiban anda sebagai karyawan kantor yang pasti juga memiliki tanggung jawab pekerjaan yang berbeda.

Selain itu, ada baiknya pula bila anda juga memilih jenis usaha sampingan yang sekaligus bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang ketika pada suatu hari sudah tidak bekerja sebagai karyawan lagi. Sebenarnya banyak sekali jenis usaha yang bisa dijadikan sebagai pilihan, namun diantara seluruh jenis usaha tersebut, sepertinya bisnis rumah kontrakan lah yang membuka peluang paling besar.

Mengapa harus bisnis rumah kontrakan? Tanpa memerlukan kerja keras, uang akan datang sendirinya kepada anda. Dengan budaya sebagian besar masyarakat Indonesia yang gemar merantau, bisnis rumah kontrakan dapat dipastikan akan sangat dibutuhkan dan memiliki permintaan pasar yang sangat tinggi.

Dibandingkan dengan membeli rumah atau menyewa apartment, tinggal di rumah kontrakan jauh lebih terjangkau dengan fasilitas yang tidak terlalu berbeda. Hal inilah yang membuat banyak masyarakat perantau yang lebih memilih untuk tinggal di rumah kontrakan dibandingkan di rumah atau apartment. Selain itu, bagi masyarakat yang masih berstatus karyawan perkantoran, membangun bisnis rumah kontrakan cenderung jauh lebih mudah karena anda tidak perlu menunggu rumah kontrakan tersebut secara langsung, melainkan bisa memperkerjakan orang lain sebagai penjaga, sehingga anda tidak perlu membagi prioritas dan bisa tetap fokus kepada pekerjaan kantor.

Selain itu, bisnis rumah kontrakan juga diketahui tidak akan pernah mati. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa permintaan dari rumah kontrakan itu sangatlah tinggi di kalangan masyarakat, membuat kehadiran dari bisnis rumah kontrakan itu sendiri sangatlah dibutuhkan. Berbeda dengan makanan, minuman, ataupun bisnis fashion yang perlu mengikuti trend dan harus selalu hadir dengan inovasi baru, bisnis rumah kontrakan tidak memerlukan hal tersebut. Diantara berbagai jenis bisnis yang ada, bisnis rumah kontrakan menjadi salah satu jenis bisnis yang bersifat jangka panjang, sehingga dapat dijadikan sebagai pohon uang dan investasi.

Sebagai pemula, pasti harus ada beberapa hal yang perlu untuk dipersiapkan. Karena walau bersifat jangka panjang dan dibutuhkan semua orang, bisnis rumah kontrakan ini juga bisa dikatakan memiliki persiapan yang cukup rumit karena harus mempertimbangkan beberapa hal yang tentunya dapat membuat bisnis ini menjadi lebih berkembang lagi.

Hal yang perlu dipersiapkan untuk membuat bisnis rumah kontrakan

1. Pemilihan Lokasi

Lokasi merupakan salah satu hal yang paling penting ketika membangun bisnis rumah kontrakan. Semakin strategis lokasi rumah kontrakan tersebut, akan semakin banyak pula masyarakat yang tertarik untuk menjadi penghuni. Perlu diketahui bahwa lokasi akan menjadi pertimbangan utama seseorang mencari rumah kontrakan.

Maka dari itu, walaupun mungkin harga tanah akan lebih mahal, namun ada baiknya untuk memilih lokasi yang strategis, seperti pusat perbelanjaan, sekolah, kampus, dan wilayah perkantoran.

2. Bandingkan Harga Tanah

Walau di poin sebelumnya dikatakan mengenai harga tanah yang mungkin jauh lebih mahal bila memilih wilayah strategis, namun akan lebih baik lagi bila anda juga melakukan perbandingan harga. Janganlah berpatok pada satu wilayah saja, melainkan di beberapa wilayah yang lain pula. Jika sudah menemukan wilayah yang pas, pilihlah harga tanah yang paling rendah.

Tinggi rendahnya harga tanah yang ada pilih juga akan menentukan seberapa besar modal yang perlu anda keluarkan.

3. Melakukan Prediksi

Ada yang langsung memilih lokasi yang strategis, namun ada pula yang memilih lokasi yang sebenarnya belum terlalu banyak pemukiman, namun berpeluang untuk menjadi pemukiman di masa depan. Seperti lokasi tanah yang sebenarnya jauh dari wilayah perkantoran, namun ketika anda datang kesana justru sedang dibangun jalan tol atau stasiun MRT dan LRT yang akan mempermudah penghuni disana di masa depan.

Atau justru bisa pula bila anda memilih lokasi yang dekat dengan wilayah yang sedang dibangun mall atau universitas dan sebagainya. Carilah prospek yang paling memungkinkan dan tentunya menguntungkan.

Jika dirunut, sebenarnya banyak sekali hal-hal yang perlu anda lakukan sebelum memutuskan untuk membangun bisnis rumah kontrakan. Namun, jelas dapat dipastikan bahwa bisnis rumah kontrakan ini merupakan salah satu peluang bisnis yang sangat menguntungkan.

Walaupun anda perlu mengeluarkan modal yang cukup besar di dalam bisnis ini, namun akan sebanding pula dengan keuntungan yang nantinya akan anda dapatkan. Tertarik untuk membangun bisnis rumah kontrakan? Rasanya tidak sah jika belum membaca artikel berikut ini. Yuk baca dulu di https://www.cekaja.com/info/bisnis-rumah-kontrakan-untung-rugi/

Leave a Reply